Om pàwakànah Saraswati wàjebhir wajiniwati yajñam wastu dhiyàwasuh

Selasa, 27 Maret 2012

PENGERTIAN WANTILAN YANG MANA ?

Mari kita urai pengertian dan fungsi  wantilan:

  1. Dilihat dari arti kata, wantilan terkait dengan kata wanti atau mawanti-wanti yang mempunyai arti "terus-menerus". Kata wanti atau mawanti-wanti dalam hal ini bermakna adanya pengulangan. Pengulangan disini berupa pengulangan atap yang bertingkat dan juga pengulangan saka/kolom berdasarkan modul tertentu.
  2. Wantilan mempunyai pengertian sebagai bangunan besar terbuka,atapnya biasanya dibuat bertingkat, berguna sebagaitempat pertemuan untuk menampung berbagai aktivitas umumyang pada pokoknya tergolong ke dalam kegiatan tri warga(dharma, artha, khama) -- spiritual, sosial ekonomi, budaya.
  3. Wantilan merupakan bangunan terbuka ke segala arah. Hal inimencerminkan bahwa bangunan ini sama sekali tidakdipersiapkan untuk kegiatan yang bersifat pribad
  4. wantilan : bangunan untuk umum, berbentuk persegi panjang, tidak berdinding, tempat orang berapat atau mengadakan sabungan ayam (kamus besar bahasa indonesia).
  5. Wantilan difungsikan berulang bergantian,suatu saat sebagai tempat tempat sangkep (pertemuan), sekali waktu sebagai tempat tabuh rah, sekali waktu sebagai tempat balih-balihan.

Sekarang  mari kita perhatikan foto foto berikut:gambar 1

gambar 2

wantilan

Setelah melihat foto dan video diatas, maka perhatikan pegertian dan fungsi yang saya beri garis bawah dan hurup tebal dengan foto diatas

Fungsi mana sekarang yang lebih dominan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Kunjungi blog saya yang lain

Klik dibawah !