Om pàwakànah Saraswati wàjebhir wajiniwati yajñam wastu dhiyàwasuh

Selasa, 16 April 2013

NYOBA BERSAMAAN 2 APLIKASI BERBASIS GPS DALAM SATU SMARTPHONE

Kemaren pas mau berangkat kerja, iseng –iseng ngidupin aplikasi berbasis gps di BB dalam waktu yang hampir bersamaan, nama aplikasinya adalah
  • PSpeedOmeter
  • GPS Logger II
    Dalam kondisi diam(tidak bergerak) yang pertama saya buka adalah aplikasi GPSpeedOmeter. Ketika dibuka lampu indikator BB langsung kedip kedip menandakan klo aplikasinya  lagi nyari sinyal gps. Kalau lampu indikator sudah tidak kedap kedip artinya aplikasinya-nya dah dapat sinyal dan aplikasinya sudah langsung berfungsi tanpa harus pencet tombol apalagi. Selanjutnya yang saya buka adalah GPS Logger II. Gak perlu lama menunggu, karena sinyal gpsnya udah didapat oleh aplikasi sebelumnya. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini untuk menggunakannya kita perlu pencet tombol menu dan pilih start login.
Tampilan awal alikasinya dapat dilihat pada gambar berikut
Capture_2013041620121
Capture_201304162084

BB kemudian ditaruh di saku baju, trus puntir gas berangkat ketempat kerja. Sampai tempat kerja, ambil BB, trus
  • untuk GPSpeedOmeter pilih menu BB trus plih reset trip trus save
  • untuk GPS Logger II pilih menu BB trus pilih stop logging
    untuk melihat hasilnya:
  • untuk GPSpeedOmeter pilih menu BB trus plih History
  • untuk GPS Logger II pilih menu BB trus pilih path manager
Setelah melihat hasilnya, ternyata yang menarik buat saya adalah, kok kecepatan puncak/top speed sepeda motor saya dan total jarak yang ditempuh dengan dua aplikasi GPS yang berbeda menghasilkan angka tidak sama.
Sedangkan terkait perbedaan waktu tempuh /total waktu, tidak  penting buat saya karena, memang ada perbedaan waktu ketika menghidupkan aplikasinya.
Teman teman ada yang tahu penyebabnya? Silakan di share
nih hasilnya:
selisih total jarak tempuh antar aplikasi : 0.17 km (faktanya saya menghidupkan dan mematikan aplikasinya pada titik yang sama baik pada saat start maupun finish)
selisih top speednya adalah sebesar 2,5km/jam (lumayan bro)

speedometer
(hasil GPSspeedOmeter)

Capture
(hasil GPS Logger II )
Technorati Tags: ,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Kunjungi blog saya yang lain

Klik dibawah !